Persiapan sebelum berobat ke Penang

Tuesday, November 18, 2014 3 comments

Saat ini berobat keluar negeri sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan kita,apalagi kalau disangkut pautkan dengan masalah nyawa pasti kemana aja akan dikejar untuk mendapatkan kembali kesehatan. Salah satu tujuan yang paling terkenal untuk orang orang Indonesia saat ini adalah Penang,malaysia. Coba aja jalan jalan ke Penang, pasti dipesawat rata rata untuk berobat ataupun check up. Oleh karena itu ini beberapa tips yang perlu disiapkan sebelum datang ke negera jiran:
1. Passport
Yang ini harus, lihat juga masa berakhir passport,jangan sampai udah expired atau 6 bulan sebelum berakhirnya masa berlaku passport harus sudah diperpanjang. Waktu berkunjung ke penang untuk social visit adalah 30hari, setelah itu kalau memang masih harus berada di penang, maka minta surat keterangan dari dokter di rumah sakit dipenang  untuk dibawa ke imigrasi.

2. Hasil Test Medis
Biasanya Rumah sakit rumah sakit di penang akan melihat bagaimana hasil check seperti MRI, CT Scan, Lab, atau apa saja dokumen pendukung untuk pasien. Meskipun terkadang harus dilakukan pengecekan ulang, tetapi lebih baik dipersiapkan saja karena kadang dokter dipenang juga masih menggunakan hasil scan di indonesia.

3. Penginapan
Akan lebih baik jika sudah tahu mau kemana untuk menginap, apakah hotel,kos kosan, atau tinggal dirumah sakit bersama pasien. Biasanya penginapan ini juga menyediakan layanan antar jemput dari bandara gratiss.

4. Uang
Yang ini wajiblah, lebih baik langsung dibawa dalam bentuk ringgit, supaya tidak  susah lagi mau cari money changer. Jika anda membawa debit card, apakah itu mandiri,bank daerah ataupun bank swasta lain, anda akan bertemu masalah jumlah uang tunai yang bisa diamibil, memang ada ATM bersama untuk bisa penarikan tunai, tetapi jumlahnya terbatas, maximal hanya rm 1500 perhari, jadi bayangkan kalau ada operasi besar yang harus dilakukan akan sangat susah bagi anda untuk transaksi dengan debit card anda. 
Credit Card, untuk anda yang mempunyai credit card ini akan lebih mudah penggunaanya, karena bisa digunakan lebih flexible dibandingkan dengan debit card. credit card tidak sesusah debit card, asalkan limit anda cukup anda bisa gunakan kemana.
Transfer via money changer, untuk anda yang takut membawa uang banyak transfer menggunakan mony changer adalah pilihan terbaik ataupun bisa juga menggunakan western union,atau money gram.

5. Bahasa
Akan lebih baik jika anda bisa berbahasa inggris,karena komunikasi akan lebih baik dan saling lebih paham, tetapi bahasa melayu dan hokkien juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi.

 6.Jadwal Dokter
Sebelum datang baiknya cari tahu dulu dokter yang hendak dituju dan jam operasional rumah sakit yang anda tuju. Misalnya di adventist hospital tidak ada praktek dokter dihari sabtu, jadi lebih baik anda datang di malam minggu.

Oleh karena itu anda boleh check info seputar rumah sakit dipenang, untuk mengetahui rumah sakit mana yang sebaiknya saya tuju.
Berdasarkan informasi dari orang orang yang pernah dirawat di penang, ini beberapa saran untuk rumah sakit yang bisa dituju untuk jenis sakitnya
1. Penang Adventist Hospital
    Orang orang banyak berobat untuk Jantung ( dr. Teh aik Seng, dr. Tan Chiang So), Ginjal ( dr. Lim Huey Ling) Cancer ( dr. Ang so Fan)

2. Lam Wah ee
    Lam wah Ee hospital terkenal dikarenakan harganya yang cukup murah apalagi unuk program bayi Tabung, rumah sakit ini cukup terkenal dengan dokternya dr. Ng Peng Wah.

3. Mount Miriam, seperti namanya rumah sakit ini khusus untuk pasien penderita sakit kanker , Dr. Doris Chow Sze Ying.

4.Glean Eagles, untuk bayi atau anak anak yang mempunyai permasalahan jantung saat lahir, biasanya akan dibawa ke rumah sakit ini.



7. Tiket pesawat
Kadang kala petugas imigrasi akan tanya mana tiket pulang, tetapi biasanya kalo kita bilang alasannya untuk berobat maka mereka tidak akan tanya, hanya mereka akan tanya kerumah sakit mana, nah yang itu tinggal bilang aja kemana rumah sakitnya.
Berdasarkan pengalaman nih, harga tiket Indonesia - Penang akan mahal dihari senin,selasa rabu sedangkan harga tiket penang - Indonesia akan mahal di kamis jumat, karena kebanyakan pasien datang dihari senin, dan pulang atau keluar rumah sakit di hari kamis dan jumat, jadi kalau mau beli tiket yang aga murahan bisa liat hari hari diatas, tapi kalo udah emergency ya...langsung beli aja.

8. Asuransi
 Untuk pemegang polis asuransi dari Indonesia, seperti prudential dll, rata rata sih pake  prudential, mereka harus menggunakan uang sendiri dulu baru kemudian di claim ke prudential di Indonesia. Meskipun di penang ada juga cabangnya, tapi tetep aja harus bayar sendiri dulu dan jangan lupa untuk bawa formulirnya sekalian, supaya bisa diisi pada saat bersamaan.

9. Hari libur
   Penting  banget untuk kita sebelum datang ke penang, cek jadwal hari hari libur dipenang. Dimalaysia hari liburnya tidak selalu sama satu kota dengan kota yang lain, dan jumlah hari libur dibanding Indonesia, malaysia, apalagi penang, lebih sedikit dibanding Indonesia. Tetapi ada beberapa hari libur juga yang dimalaysia ada, tetapi di Indonesia, tidak ada, seperti Thaipusam, Tahun baru china ( 2 hari, di Indonesia hanya sehari). Jadi lebih baik cek jadwal hari libur di penang sebelum datang kesana.

semoga keluarga yang anda cintai bisa cepat sembuh

Share this article :

+ comments + 3 comments

June 9, 2015 at 9:27 AM

makan gmna,,,

October 4, 2015 at 7:56 AM

murhan,23 tahun,tinggal di medan (sumut)gol darah B+,saya sudah cek darah&rhesus di Rs bersih dari narkoba&alkohol,saya donor ginjal bagi yg serius bisa hubungi saya 082164003271,Siap di pnggil luar kota&luar negri,trmks

October 4, 2015 at 7:58 AM

murhan,23 tahun,tinggal di medan (sumut)gol darah B+,saya sudah cek darah&rhesus di Rs bersih dari narkoba&alkohol,saya donor ginjal bagi yg serius bisa hubungi saya 082164003271,Siap di pnggil luar kota&luar negri,trmks

Post a Comment