Bagaimana jika pasien meninggal di penang ?

Sunday, May 31, 2015 1 comments


Tentu tidak ada yang mau kalau sampai terjadi kejadian seperti ini, keluarga yang kita cintai meninggal di Penang. Tentunya kita yang datang berobat ke penang mempunyai harapan besar bahwa setelah mendapatkan perawatan di Penang akan kembali sehat. Namun untuk kasus kasus tertentu ada kalanya pihak rumah sakit ataupun dokter sudah memberi peringatan bahwa kondisi sakit sudah sangat parah sehingga lebih baik dibawa pulang kembali ke Indonesia dan ada juga yang harus meninggal di Penang. Dalam beberapa pengalaman penulis membantu orang orang yang dalam keadaan begini ( Keluarga meninggal dunia) ini merupakan waktu yang sangat berat bagi mereka apalagi biaya berobat dipenang tidak murah ditambah lagi keluarga meninggal dunia di negara orang. Pasti akan sangat stress jika kita sendiri yang mengalaminya, salah seorang orangtua muda yang harus kehilangan anaknya yang masih bayi,dan diapun harus kehilangan pekerjaan di Indonesia dikarenakan lama meninggalkan tempat kerja hanya karena mengurus anaknya yang sakit, sangat bingung apa yang harus dia lakukan saat kejadian yang tidak diinginkan ini terjadi. Anaknya yang masih berumur 3  tahun harus meninggal di salah satu rumah sakit di Penang. Bagaimana mau membawa jenasah pulang ke Indonesi, apa saja yang harus disiapkan, berapa lama waktu pemulangan, berapa biayanya, semua ini menjadi pertanyaan saat kita menghadapi kondisi seperti ini.
Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan lakukan  jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti meninggalnya anggota keluarga.



1. Tentukan lebih dahulu apakah jenazah akan dibawa pulang atau dikremasi ( dibakar)
    -Kremasi
    Biaya kremasi biasanya RM 2.000 sampai RM. 3000. Mungkin yang jadi pertanyaan apakah diijinkan dari pihak imigrasi malaysia untuk membawa abu jenasah pulang? Ya, bisa dikarenaka nanti akan dilampirkan surat kematian dan dokumen kelengkapan kematian.
    -Bawa pulang jenazah
    Untuk membawa pulang jenasah, biasanya setelah menghubungi salah satu undertaker maka mereka akan mengurus semua kelengkapan surat surat yang diperlukan.Cukup serahkan saja dengan mereka maka kita cukup terima siap saja. Mereka yang menyediakan peti  mati, farmalin, rumah persemayaman, dan segala standart yang diperlukan untuk pengiriman.Bisakah mengurus sendiri  tidak perlu agent/undertaker ? Pasti bisa saja, hanya saja kita tidak tahu apa standard dan persyaratan yang diperlukan, dan bagaimana mau urus ke cargo pesawatnya, jadi lebih baik serahin ke mereka karena mereka punya akses yang cukup baik dengan bagian pemerintahan. Harga , nah ini yang harus menjadi pertimbangan bagi keluarga yang terkena musibah. Lokasi menjadi pembeda harga tiap tiap pengiriman. Namun beberapa harga untuk pengiriman yang sudah menjadi standart
          1. Penang - Medan (RM 5500 - RM 7000 )
          2. Penang - Jakarta ( RM 8000 - RM 9000)
          3. Penang - Surabaya ( RM 10.000 - RM 12.000)
     Unyuk tempat tempat lain, tergantung apakah semakin banyak transitnya misalkan kebandung, maka penerbangan menjadi Penang - Jakarta - Bandung, dan harganya berarti akan lebih tinggi dari Penang - Jakarta, begitu juga dengan tempat yang lain. Harga yang diatas adalah harga standart biasanya sudah paket dari undertaker, tapi kalau ada perubahan /permintaan dari piha keluarga maka maka akan ada penambahan lagi sesuai dengan permintaan. Biasanya pesawat yang digunakan,adalah pesawat Sriwijaya Air atau Malaysia Airlines.

2. Pilih undertaker ( Agent pengurusan jenasah), biasanya undertaker ini akan menguruskan surat menyurat ke konsulat Indonesia,JPN ( seperti catatan sipil diIndonesia), formalin dan Pengambilan Jenasah kerumah duka dan bandara, juga segala dokumen yang diperlukan untuk pemulangan jenasah. Untuk ini memang harus hati hati takut kalau salah pilih harganya akan selangit, sudah sering terjadi.Itulah gunakanya daftar harga diatas supaya keluarga tahu berapa kisaran harga yang harus mereka bayar. Ada beberapa undertaker yang pernah mempunyai reputasi bagus dan hati untuk menolong kita yang lagi kesusahan, ini yang aku rekomendasikan :
                     1. Ah chuan  ( +60194757689 )
                     2. Tau Modern (+60124775569)
                     3. Bapak Haji ( +60125135578)

   

3. Dokumen yang perlu keluarga persiapkan :
     1. Passport Pasien
     2. Tempat Tinggal di Penang
     3. Detail keluarga yang akan menerima di Indonesia ( HP dan Alamat)

Memang tidak ada yang mau kalau ini terjadi, tetapi semoga informasi ini boleh berguna.
Share this article :

+ comments + 1 comments

June 1, 2017 at 3:38 PM

Judi Online Poker&Domino Yang Sedang Populer Tahun Ini (Taipan99.com):
http://seputarduniataipan.blogspot.com/2017/06/judi-online-poker-yang-sedang-populer.html

Janji Pulang Ke Indonesia, Tapi Kasih Syarat Ini Ke Polisi:
http://seputarduniataipan.blogspot.com/2017/06/janji-pulang-ke-indonesia-tapi-kasih.html

Sulap Demian Dicemooh Netizen, Begini Komentar Panjang Deddy Corbuzier:
http://seputarduniataipan.blogspot.com/2017/06/sulap-demian-dicemooh-netizen-begini.html

Bohong Demi Anak, Kondisi Yana Zein Saat Pulang Dari Cina Sebenarnya Mengkhawatirkan:
http://seputarduniataipan.blogspot.com/2017/06/bohong-demi-anak-kondisi-yana-zein-saat.html

Astaga! Barang Dagangan Bapak Ini Di Tawar Dengan Harga Yang Tak Sebanding Dengan Jerih Lelahnya.:
http://seputarduniataipan.blogspot.com/2017/06/astaga-barang-dagangan-bapak-ini-di.html

Post a Comment