Good Service Tax

Tuesday, April 7, 2015 1 comments

Pertanggal 1 April 2015 malaysia mengenakan biaya pajak tambahan untuk semua kegiatan ekonomi, seperti pesawat,mall,semua barang belanjaan,restaurant,akan ada namanya GST ( Good Service Tax ) sebesar 6 %. Sebenarnya sudah banyak yang merasa keberatan dengan aturan pajak baru ini, tetapi mau gimana lagi, semua sudah menjadi kebijakan pemerintah di malaysia, yang akibatnya tentu berdampak kepada kita kita yang liburan bahkan yang berobat di malaysia khususnya Penang. Bayangin aja, kalo harga tiket dari rm 100 menjadi rm 106,itu baru tiket, makanan, hotel, dan terutama biaya berobat. Kalau hanya sakitnya flu biasa mungkin tidak jadi masalah, nah kalo sampe kayak ada operasi besar,jantung, cancer, atau tulang dll, wah maka akan sangat terasa perbedaannya. Setelah melihat beberapa hari setelah GST diberlakukan dimalaysia, cukup terasa perbedaanya, dari jumlah pasien yang sakit, orang yang berobat,ada penurunan, apalagi dari pasien Indonesia, paling tidak itu pengakuan dari orang Indonesia yang sudah lama tinggal dipenang. Jadi jangan kaget bagi temen temen yang datang berobat kemalaysia, akan ada tambahan 6% dari total biaya perobatan, itu bukan untuk rumah sakit tetapi pajak tambahan yang harus dibayar ke pemerintah, fiuhhh...harus banyak persiapan ( tambah biaya lagi) untuk kesehatan.
*Tips :
- GST engga kena ke penginapan yang hanya kaya kos kosan, jadi lebih baik nginep dikos kosan dari pada hotel.
- Makanan cari warung warung makan yang engga pake receipt waktu bayarnya,biasanya harganya sama dan tidak ada GST, atau masak sendiri, cari pasar pasar tradisional, tapi jangan belanja ke mall, pasti kena pajak lagi.
- Taxi coba cari yang bisa nego ( bukan hitungan permeter).

Ada info terbaru untuk GST ini, dan ini kabar bagus buat tourist khususnya yang berobat di Penang.
Pemerintah malaysia meniadakan GST untuk warga asing yang tinggal dan datang ke malaysia. Jadi caranya kayak refund gitu, pertama kali waktu kita berobat atau beli apa apa di Penang, baik itu obat obat, perawatan,hotel, makanan atau apa saja , jangan lupa simpan kwitansinya. Setelah itu pada waktu di Airport Penang, cari REFUND VERIVICATION COUNTER,berada dekat dengan counter Air Asia. adapun dokumen yang perlu disiapkan :
1. Passport
2. Barang yang dibeli
3. Bukti bayar
4. Tiket pulang ke Indonesia.
5. Mengisi formulir GST


Pemerintahan baru malaysia baru saja terpilih di 2018 , berdasarkan janji kampanye nya bahwa GST akan dihapuskan, sekarang tinggal tunggu aja, semoga cepat dihapuskan.
Good Luck..please be a smart shoper.

Share this article :

+ comments + 1 comments

Anonymous
May 4, 2015 at 2:08 AM

Anda mahu berobat dari Indonesia ke Penang? Bisa layari http://www.kpjpenang.com
Ini adalah Rumah Sakit yang diakreditas oleh JCI dari Amerika.
Rumah sakit ini menawarkan perkhidmatan jemput dan ngantar dari Bandara ke Rumah Sakit dan jalan-jalan di sekitar Penang secara cuma-cuma aja.
Bisa juga BBM sama Pak Amar 532417A8 atau WhatsApp +6018-4719690.

Penginapan termurah bermula dari MYR 30.00 http://kimsarguesthouse.blogspot.sg/

Post a Comment